TEKNOLOGI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI PEMANFAATAN MULTIMEDIA ANIMASI INTERAKTIF
DOI:
https://doi.org/10.21063/jtif.2013.V1.2.20-25Keywords:
media pembelajaran, multimedia animasi interaktifAbstract
Akhir-akhir ini dunia multimedia sudah sangat marak ditelinga masyarakat luas. Hal ini dikarenakan penggunaan teknologi-teknologi yang semakin canggih dengan pendukung multimedia. Seiring dengan kemajuan teknologi multimedia khususnya pada bidang komunikasi, memaksa kita untuk mengikuti perkembangan teknologi tersebut. Penulisan jurnal ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan model pembelajaran sejarah dengan memanfaatkan multimedia animasi interaktif untuk meningkatkan tingkat pemahaman siswa terhadap mata pelajaran sejarah. Metode penulisan menggunakan metode (R&D) research dan development. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sejarah dengan menggunakan media pembelajaran melalui pemanfaatan multimedia animasi interaktif dapat meningkatkan minat siswa terhadap mata pelajaran sejarah, sehingga diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
References
Chandra, K. Ian. (2000). Trik Photo Draw 2000. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.
Enterprise, Jubilee. (2007). Teknik Kolase Photoshop Cs2. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.
Hendratman, Hendi, ST. (2006). Tips n Trix Computer Graphics Design. Informatika, Bandung.
Maulana, Arya. Panduan Lengkap Adobe Photoshop 7.0, Restu Agung, Jakarta, 2005
Pujiriyanto, Desain Grafis Komputer (Teori Grafis Komputer), Andi, Yogyakarta, 2005
Susanto, Mikke. (2002). Diksi Rupa. Kanisius, Jakarta.
Ts, Abid. (2005). Desain Grafis Menggunakan Adobe Illustrator Cs. Andi Yogyakarta.
Wahana, Komputer. (2006). Mendesain Gambar dan Logo dengan Adobe Illustrator Cs2. Salemba Infotek, Jakarta.
Wahana, Komputer. (2006). Membuat Website Interaktif Dengan Macromedia Dreamweaver 8 Andi, Yogyakarta.
Zulkifli, Dede. (2006). Belajar Cepat dan Tepat Photoshop. Informatika, Bandung.
Azhar Arsyad. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajawali Pers.
Niken Ariani dan Dany Haryanto. (2010). Pembelajaran Multimedia di Sekolah: Pedoman Pembelajaran Inspiratif,
Konstruktif dan Prosprektif. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
M. Suyanto, (2003), Multimedia Alat untuk Meningkatkan Kebutuhan Bersaing, Penerbit Andi Yogyakarta
Tri Daryanto, (2005), Sistem Multimedia dan Aplikasinya, Penerbit Graha Ilmu Wandah, Dasar Pemrograman Flash Game, (2007)
Downloads
Published
Issue
Section
License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication.
The work may be shared and adapted, even for commercial purposes, as long as appropriate credit is given and any new creations are licensed under the identical terms.