MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BUDAYA ALAM MINANGKABAU BERBASIS WEB UNTUK SISWA KELAS 3 (Studi Kasus: SDN 10 BANDAR BUAT)
DOI:
https://doi.org/10.21063/jtif.2018.V6.2.110-119Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Waterfall Model, Pembelajaran Interaktif, BAM, Learning Media, Interactive LearningAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan Program Aplikasi berbasis Web Mata Pelajaran Budaya Alam Minangkabau di SD N 10 Bandar Buat. Karena siswa sulit memahami pelajaran BAM, sementara itu di dalam pelajaran BAM terdapat materi tentang pedidikan karakter. Dalam penelitian ini menggunakan metode waterfall dan untuk merancang aplikasi ini menggunakan aplikasi adobe flash dengan PHP sebagai bahasa pemograman dan MySQL sebagai basis datanya. Hasil yang diperoleh dari aplikasi pembelajaran interaktif ini yaitu di dalamnya terdapat video yang mengajarkan tentang pendidikan karakter terhadap siswa. Dari pengujian yang dilaksanakan dengan 31 orang siswa SD N 10 Bandar Buat diperoleh sebanyak 67,5% siswa SD N 10 Bandar Buat menyatakan aplikasi ini sangat benar dan benar, dan 32,5% siswa SD N 10 Bandar Buat menyatakan aplikasi ini kurang benar. Berdasarkan kalkulasi dari hasil respon berdasarkan pernyataan, diperoleh rata-rata respon siswa masuk ke dalam kategori positif.
This research aims to design and implement a Web-based Application Program Budaya Alam Minangkabau culture in SD N 10 Bandar Buat. Because students are difficult to understand the lessons BAM, while it was in there BAM lesson material about characters. In this study using the waterfall method and to design this application using adobe flash application with PHP as the programming language and MySQL as its database. The results obtained from this interactive learning application that included a video that teaches about character education to students. From the tests carried out with 31 students of SD N 10 Bandar Buat gained as much as 67.5% of primary school SD N 10 Bandar Buat stated this application is true and correct, and 32.5% of elementary school SD N 10 Bandar Buat an application stating this is less true. Based on the calculation of the results of the response by the statement, obtained an average student responses into the positive category.
Referensi
A.A.Navis. 1984 . Alam Terkambang Menjadi Guru Adat dan Kebudayaan Minangkabau. Jakarta.
Anas, Sudijono. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual dan Inovatif. Bandung.
Azrial, Yulfian. 2009, Budaya Alam Minangkabau, Payakumbuh : Pena Indonesia
Fathansyah. 2007. Basis Data, Informatika. Bandung.
M. Suyanto. 2004. Aplikasi Desain Grafis Untuk Periklanan. Yogyakarta: Andi.
Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung : Alfabeta.
Munir. 2012. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Rusman. 2012. Model – Model Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada
Saputra, Agus. 2011. Pemrograman CSS Untuk Pemula. Jakarta : PT. Gramedia.
Sudjana, Nana. 2001. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru
Sujadi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta
Vaughan, Tay. 2004. Multimedia : Making it Work. Yogyakarta
Yeni Kustiyahningsih, Devie Rosa Anamisa, 2011.Pemograman Basis Data Berbasis Web Menggunakan PHP & MySQL.Graha Ilmu :
Yogyakarta.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Jurnal ini dilisensikan berdasarkan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama.
Karya tersebut dapat dibagikan dan diadaptasi, bahkan untuk tujuan komersial, selama penghargaan yang sesuai diberikan dan setiap kreasi baru dilisensikan dengan ketentuan yang sama.