ANALISIS E-LEARNING STMIK STIKOM BALI MENGGUNAKAN TECHONOLOGY ACCEPTANCE MODEL
DOI:
https://doi.org/10.21063/jtif.2016.V4.2.1-6Kata Kunci:
TAM, e-learning, PLSAbstrak
E-learning STMIK STIKOM Bali memungkinkan mahasiswa untuk tetap dapat belajar sekalipun secara fisik tidak hadir atau berhalangan hadir ketika proses pembelajaran terjadi di kelas. Pemanfaatan elearning juga dapat membuat perkembangan fleksibilitas belajar yang tinggi. Persepsi user dalam hal ini adalah mahasiswa akan sangat diperlukan guna membantu pemanfaatan e-learning secara optimal. Tujuan dari penelitian ini akan mengkaji tentang penerimaan mahasiswa dalam pemanfaatan e-learning yang digunakan di STMIK STIKOM Bali. Perilaku mahasiswa diperlukan untuk mengetahui apa yang dirasakan mahasiswa terhadap e-leraning yang digunakan. Penelitian akan difokuskan untuk mengkaji penerimaan penggunaan e-learning sesuai dengan model Technology Acceptance Model (TAM). Hasil analisa yang diperoleh menunjukan bahwa persepsi kemudahan tidak berpengaruh positif terhadap penerimaan penggunaan e-learning dan persepsi kemanfaatan berpengaruh positif terhadap penerimaan penggunaan elearning STMIK STIKOM Bali. Tidak berpengaruhnya kemudahan penggunaan merujuk pada kondisi yang ada bahwa penggunaan e-learning oleh mahasiswa adalah untuk memenuhi kewajiban perkuliahan mereka sehingga mudah atau tidaknya e-learning tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penerimaan. Selanjutnya penelitian ini dapat dikembangkan dengan melibatkan dosen pengajar sebagai responden dan mengembangkan indikator untuk masing-masing variabel.
Referensi
Miyono, Noor. (2013). Analisis E-Learning Menggunakan Technology Acceptance Modelling (Studi Kasus pada STMIK PROVISI Semarang). Jurnal Transformatika, Volume 11, No. 1.
Kasse, Daniel. (2014). Pengembangan ELearning Berbasis Technology Acceptance Model (Studi Kasus : Bahasa Inggris). Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, Volume 3, Nomor 3.
Fatmawati, Endang. (2015). Technology Acceptance Model (TAM) untuk Menganalisis Penerimaan Terhadap Sistem Informasi Perpustakaan. Jurnal Iqra’, Volume 09 No. 1 .
Setiawan, Wawan & Hana, M. Nurul & Waslaluddin. (2014). Analisis Penerapan Sistem E-Learning FPMIPA UPI Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Pengajaran MIPA, Volume 19, Nomor 1.
Yulianto, Subakdo Eko. (2011). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kemanfaatan Terhadap Pemanfaatan ELearning dengan Model TAM di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. JBTI Vol. 1, No. 1.
Devi, Ni Luh Nyoman Sherina & Suartana, I Wayan. Analisis Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Penggunaan Sistem Informasi di Nusa Dua Beach Hotel & Spa. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 6.1.
Kholis, Azizul. (2002). Analisis Penerimaan (Acceptance) Penggunaan Personal Computer (PC) dengan Technology Acceptance Model (TAM) (Studi Kasus Perusahaan Perdagangan Kecil di Kota Medan). Universitas Diponegoro.
Wibowo, Arief. Kajian tentang Perilaku Pengguna Sistem Informasi dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM).
Anggraeni, Eka Susila & Santoso, Imam & Ikasari, Dhita Morita. Analisis Variabel Variabel yang Mempengaruhi Proses Adopsi Teknologi pada Industri Kecil Kerupuk Singkong dengan Menggunakan Metode Partial Least Square (Studi Kasus pada Industri Kecil Kerupuk Singkong Desa Kemasantani, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Jurnal ini dilisensikan berdasarkan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama.
Karya tersebut dapat dibagikan dan diadaptasi, bahkan untuk tujuan komersial, selama penghargaan yang sesuai diberikan dan setiap kreasi baru dilisensikan dengan ketentuan yang sama.