Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada UMKM R-DUA Lencana Kudus

Penulis

  • Robby Novianto Universitas Muhammadiyah Surakarta , Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Maryam , Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.21063/jtif.2022.V10.2.35-42

Kata Kunci:

system, , information, sale, lencana, SPA

Abstrak

R-Dua Lencana merupakan salah satu UMKM yang ada di daerah Kabupaten Kudus. UMKM ini menjual lencana yang merupakan tanda pengenal resmi yang berlukiskan lambang dan berbentuk medali yang biasanya dipakai sebagai tanda anggota dari suatu instansi maupun organisasi. Saat ini R-Dua Lencana menjual produknya hanya di toko dan belum banyak memanfaatkan internet sebagai sarana promosi sehingga akan mengalami pemunduran dalam hal penjualan. Maka dari itu, dirancanglah sebuah sistem informasi penjualan berbasis website untuk memperluas penjualan, menjadi sarana promosi produk, memberikan efisiensi waktu dan biaya perjalanan, serta mendapat costumer baru. Metode yang digunakan dalam pengembangan ini menggunakakn SDLC (System Development Life Cycle) dengan menggunakan model waterfall yang dimulai dari analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi atau penulisan kode, pengujian, dan maintenance. Website ini juga akan memanfaatkan teknologi Single Page Application (SPA) yang dalam browser sehingga tidak membutuhkan reload ketika website digunakan berpindah halaman. Pada penelitian ini telah diuji menggunakan metode blackbox dengan hasil yang dinyatakan valid dan hasil uji SUS dengan hasil yang dinyatakan Acceptable sehingga layak digunakan. Peneliti berharap agar sistem informasi yang dirancang dapat membantu penjualan UMKM R-Dua Lencana Kudus.

Referensi

M. Kristiyanti, “Sistem Informasi Berbasis Web Produk Unggulan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di,” Pros. Semin. Nas. MULTI DISIPLIN ILMU CALL Pap. UNISBANK Kaji. Multi Disiplin Ilmu untuk Mewujudkan Poros Marit. dalam Pembang. Ekon. Berbas. Kesejaht. Rakyat, pp. 978–979, 2018.

P. S. Hasugian, “Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Informasi,” J. Inform. Pelita Nusant., vol. 3, no. 1, pp. 82–86, 2018.

M. Susilo, “Rancang Bangun Website Toko Online Menggunakan Metode Waterfall,” InfoTekJar (Jurnal Nas. Inform. dan Teknol. Jaringan), vol. 2, no. 2, pp. 98–105, 2018, doi: 10.30743/infotekjar.v2i2.171.

H. E. Nugroho, A. Nugroho, and K. Kunci, “ANALISIS DAN PERANCANGAN E-COMMERCE PADA TOKO SEPATU DOPE13STORE MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL Sistem Informasi Universitas AMIKOM Yogyakarta Abstraksi Keywords :,” vol. 4, no. 1, pp. 38–44, 2021.

G. P. Suri and Z. S. Hasibuan, “Sistem Informasi Penjualan Online Berbasis Web di Tassia Store,” vol. 03, no. 1, pp. 55–65, 2021.

M. M. Gultom and Maryam, “Sistem Informasi Penjualan Material Bangunan Pada Toko Bangunan Berkah Information System of Sales Building Material ( Case Study : Berkah Building Shop ),” J. Tek. Inform., vol. 1, no. 2, pp. 79–86, 2020.

R. Setyawan, “Pada Toko Mandiri Elektronik Purwantoro Web-Based Electronic Equipment Sales Information System,” J. Digit. Teknol. Inf., vol. 4, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.um-palembang.ac.id/digital/article/view/3071.

S. Mumtahana, Hani Atun, Nita and A. W. Tito, “khazanah informatika Pemanfaatan Web E-Commerce untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran,” Pemanfaat. Web E-Commerce untuk Meningkat. Strateg. Pemasar., vol. 3, no. 1, pp. 6–15, 2017, [Online]. Available: http://journals.ums.ac.id/index.php/khif/article/view/3309/2784.

S. Sabharwal, P. Kaur, and R. Sibal, “Empirical and Theoretical Validation of a Use Case Diagram Complexity Metric,” Int. J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 9, no. 11, pp. 35–47, 2017, doi: 10.5815/ijitcs.2017.11.04.

A. K. Bhattacharjeem and R. K. Shyamasundar, “Activity diagrams: A formal framework to model business processes and code generation,” J. Object Technol., vol. 8, no. 1, pp. 189–220, 2009, doi: 10.5381/jot.2009.8.1.a3.

R. Hermiati, A. Asnawati, and I. Kanedi, “Pembuatan E-Commerce Pada Raja Komputer Menggunakan Bahasa Pemrograman Php Dan Database Mysql,” J. Media Infotama, vol. 17, no. 1, pp. 54–66, 2021, doi: 10.37676/jmi.v17i1.1317.

T. Hidayat and M. Muttaqin, “Pengujian Sistem Informasi Pendaftaran dan Pembayaran Wisuda Online menggunakan Black Box Testing dengan Metode Equivalence Partitioning dan Boundary Value Analysis,” J. Tek. Inform. UNIS JUTIS, vol. 6, no. 1, pp. 2252–5351, 2018, [Online]. Available: www.ccssenet.org/cis.

K. U. Fitri and A. Fatmawati, “Sistem Informasi Pelanggan pada Bengkel Marno Jaya Motor,” Emit. J. Tek. Elektro, vol. 19, no. 1, pp. 29–35, 2019, doi: 10.23917/emitor.v19i1.7529.

A. Sidik, “Penggunaan System Usability Scale (SUS) Sebagai Evaluasi Website Berita Mobile,” Technol. J. Ilm., vol. 9, no. 2, p. 83, 2018, doi: 10.31602/tji.v9i2.1371.

J. Brooke, “SUS: A ‘Quick and Dirty’ Usability Scale,” Usability Eval. Ind., no. November 1995, pp. 207–212, 2020, doi: 10.1201/9781498710411-35.

Diterbitkan

2022-11-09

Cara Mengutip

[1]
“Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada UMKM R-DUA Lencana Kudus”, Jurnal Teknoif Teknik Informatika Institut Teknologi Padang, vol. 10, no. 2, hlm. 35–42, Nov 2022, doi: 10.21063/jtif.2022.V10.2.35-42.