PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN GERAK DASAR TARI KELAS VII MELALUI VIDEO ANIMASI 2D MENGGUNAKAN METODE ADDIE
DOI:
https://doi.org/10.21063/jtif.2023.V11.1.16-23Kata Kunci:
Learning Media, 2D Animation Video, Basic Dance Movement, ADDIE MethodAbstrak
ABSTRAK
Kurikulum Merdeka menempatkan Seni Tari sebagai mata pelajaran yang diberikan pada jenjang menengah pertama (SMP) kelas VII di SMPN 1 Gunung Jati. Kualitas pembelajaran seni tari dipengaruhi oleh komponen-komponen pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran, salah satunya adalah dengan memanfaatkan media pembelajaran. Subjek pada penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII di SMPN 1 Gunung Jati yang menempuh mata pelajaran Seni Tari. Permasalahan selama ini diantaranya adalah; (1) Media pembelajaran gerak dasar tari sulit menampilkan gerak dan suara dalam halaman media cetak, (2) Kurangnya pendidik mata pelajaran seni tari dari lulusan jurusan pendidikan seni tari, (3) Masih dominan pendidik menggunakan metode ceramah dan tanya jawab tanpa variasi lain dalam proses pembelajaran gerak dasar tari. Tujuan penelitian ini adalah; (1) Untuk menampilkan media pembelajaran gerak dasar tari dengan gerak dan suara, (2) Untuk meningkatkan pendidik mata pelajaran seni tari dari lulusan jurusan pendidikan seni tari, (3) Untuk meningkatkan dominan pendidik pembelajaran seni tari gerak dasar tari. Metode penelitian ini menggunakan metode ADDIE yang memiliki 5 tahapan, yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. ADDIE merupakan metode penelitian yang cocok digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran karena berorientasi produk sehingga sesuai digunakan untuk mengembangkan video animasi dua dimensi sebagai media pembelajaran. Hasil uji normalitas (Shapiro-Wilk) menunjukan nilai signifikan 0.082, hal ini menunjukkan bahwa hasil uji normalitas nilai signifikannya lebih dari 0.05. Maka dari itu H0 diterima, sehingga implementasi media pembelajaran animasi dua dimensi berdampak terhadap peningkatan mutu pembelajaran.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video Animasi 2D, Gerak Dasar Tari, Metode ADDIE
Referensi
F. Dwi Tresna Santana, “JURNAL CERIA MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA TARI MAPAG LAYUNG,” vol. 2, no. 6, pp. 2714–4107, 2019.
Meliana, M. Lutfi, and Fitri, “Tantangan Manajemen Humas dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MAN 2 Bone,” 2022.
T. Tafonao, Y. Budi Ristiono, S. Tinggi Teologi KADESI Yogyakarta, and G. Bukit Sion Temanggung, “Peran Guru Agama dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran dengan Bantuan Multimedia,” Jurnal Komunikasi Pendidikan, vol. 4, no. 1, pp. 9–17, 2020, [Online]. Available: www.journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik
P. Aprilianto, S. Hadi Wijoyo, and F. Amalia, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI 2 DIMENSI DENGAN MODEL ADDIE PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PENGOLAHAN AUDIO DAN VIDEO KELAS XII MULTIMEDIA SMKN 12 MALANG,” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK) , vol. 9, pp. 1137–1144, 2022, doi: 10.25126/jtiik.202294886.
A. Rinaldi Dikananda, S. Anwar, R. Danar Dana, and K. Muhamad Ishak, “Media Pembelajaran Video Animasi Organ Tubuh Manusia,” Jurnal Accounting Information System (AIMS, vol. 4, no. 2, pp. 19–28, 2021, doi: 10.32627.
S. Bakhri, “Animasi Interaktif Pembelajaran Huruf dan Angka Menggunakan Model ADDIE,” INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, vol. 3, no. 2, p. 130, May 2019, doi: 10.29407/intensif.v3i2.12666.
R. Agustien, N. Umamah, and S. Sumarno, “3 Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS,” Jurnal Edukasi, vol. 5, no. 1, 2018.
R. M. Branch, Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer US, 2009. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=d88ZMQAACAAJ
K. Amaliah, H. Retno Kuspiyah, S. Enggar Kencana Dewi, and U. Masrifah, “Penggunaan DUiK Bassel Dalam Proses Rigging Karakter Animasi 2D Legenda Pulau Kamaro,” 2022.
M. Jafar Sidiq, T. Harthoko, and A. Nur Patrio, “STOP MOTION DALAM PEMBUATAN FILM ANIMASI SERIES POPIPO BERJUDUL ‘MAKAN’ FAKULTAS SENI MEDIA REKAM INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA 2021,” 2021.
D. Maharani and M. Hotami, “RENDERING VIDEO ADVERTISING DENGAN ADOBE AFTER EFFECTS DAN PHOTOSHOP,” 2017.
I. Nafisatus Zuhro and M. Sutomo, “DESAIN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MODEL ADDIE,” 2022.
B. Darma, STATISTIKA PENELITIAN MENGGUNAKAN SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Jakarta: GUEPEDIA, 2021.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dede Iriyanto, Nana Suarna, Raditya Danar Dana

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal ini dilisensikan berdasarkan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama.
Karya tersebut dapat dibagikan dan diadaptasi, bahkan untuk tujuan komersial, selama penghargaan yang sesuai diberikan dan setiap kreasi baru dilisensikan dengan ketentuan yang sama.