IMPLEMENTASI METODE TREND MOMENT UNTUK PREDIKSI PENJUALAN (STUDI KASUS DI TOKO ZACOZI PANCING KABUPATEN SOLOK)
DOI:
https://doi.org/10.21063/jtif.2024.V12.1.10-17Kata Kunci:
Metode Trend Moment, Alat Pancing, Prediksi, Stok.Abstrak
Toko Zacozi Pancing merupakan toko yang menjual berbagai macam alat-alat untuk memancing, mulai dari yang kecil hingga yang besar sekalipun. Melalui suatu penelitian langsung ke Toko Zacozi Pancing ditemui permasalahan bahwa dari tahun ke tahun penjualan alat-alat pancing pada toko ini mengalami peningkatan dan penurunan penjualan yang tidak menentu di setiap bulannya. Hal ini terjadi karena banyaknya barang yang tidak habis terjual serta banyaknya barang yang diperlukan konsumen namun stok barang yang diminta konsumen tidak mencukupi.Hal ini juga disebabkan karena toko tersebut belum mempunyai sistem yang dapat memprediksi penjualan sehingga banyak produk yang tidak jalan dalam waktu yang lama. Akibat lainnya yaitu keuntungan dari pihak toko yang seharusnya meningkat menjadi berkurang. Oleh karena itu perlu adanya sebuah sistem informasi prediksi penjualan menggunakan metode Trend Moment untuk dapat memprediksi penjualan barang pada bulan berikutnya. Data yang digunakan adalah data penjualan pancing dari bulan Juni 2022 sampai bulan Juni 2023. Dengan adanya sistem prediksi penjualan menggunakan metode Trend Moment yang dibantu dengan bahasa pemrograman Java dan database MySQL dapat menghasilkan prediksi penjualan barang di Toko Zacozi Pancing dengan tingkat rata-rata keberhasilan 90%.
Referensi
Skenderi, G., Joppi, C., Denitto, M., & Cristani, M. (2021). Well googled is half done: Multimodal forecasting of new fashion product sales with image-based google trends. arXiv preprint arXiv:2109.09824.
Sohrabpour, V., Oghazi, P., Toorajipour, R., & Nazarpour, A. (2021). Export sales forecasting using artificial intelligence. Technological Forecasting and Social Change, 163, 120480. doi : https://doi.org/10.1016/j.techfore.2020.120480.
Nasution, T. F. T., & Lubis, A. R. (2023). Analisis Metode Trend Moment Sebagai Peramalan (Forecast) Penjualan UMKM Dimsum. Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi, 2(1), 117-126.
Rohadi, E., Wakhidah, R., & El-Amien, A. R. (2021, November). Sistem Peramalan Penjualan Studi Kasus Topi Punggul HM Thoha Dengan Metode Trend Moment. In Seminar Informatika Aplikatif Polinema (pp. 115-120).
Fitriani, D. N., & Devi, P. A. R. (2022). Implementasi Metode Trend Moment Pada Jumlah Produksi Baju Distro Jatirogo. Nuansa Informatika, 16(1), 134-140.
Sarkar, U., Banerjee, G., & Ghosh, I. (2022). Artificial Intelligence in Agriculture: Application Trend Analysis and Forecasting. Artificial Intelligence, 54(05).
Anggrainia, T., & Haryanto, E. V. (2023, February). Metode Trend Moment Dalam peramalan Penjualan Pada PT. Charoen Pokhpand Medan Berbasis Web. In SISITI: Seminar Ilmiah Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (Vol. 12, No. 1, pp. 327-337).
Indak, N. A., & Ginting, G. (2023). Perancangan Aplikasi Forcasting Penjualan Mobil Isuzu Metode Trend Moment PT. Astra Isuzu Cab. Medan. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), 6(1), 670-674. doi: 10.30865/komik.v6i1.5732
Janah, R., Isroil, A., Alfan, A., Alamin, M. N., & Ayu, S. S. M. (2021). Peramalan Hasil Panen Jagung di Kecamatan Solokuro Dengan Menggunakan Metode Trend Moment. Jurnal Matematika dan Sains, 1(2), 65-74.
Jarod, G. N. S., Siregar, I. K., & Saputra, E. (2023). Application of the Trend Moment Method to Predict Shoes Sales. Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi, 12(2), 551-560.
Meizar, A., Fahrozi, W., Indra, E., & Saputra, M. (2022). Analisis Trend Moment Pada Datamining Forecasting Dalam Memprediksi Jumlah Persediaan Obat Herbal. Jurnal Sistem Informasi dan Ilmu Komputer Prima (JUSIKOM PRIMA), 5(2), 103-106. doi:https://doi.org/10.34012/jurnalsisteminformasidanilmukomputer.v5i2.2452.
Prasetia, A., Suriati, S., & Usman, A. (2022). Implementasi Metode Trend Moment Untuk Prediksi Data Penjualan Sparepart Sepeda Motor. Jurnal Sistem Informasi dan Ilmu Komputer Prima (JUSIKOM PRIMA), 5(2), 73-79.
Putri, F. M. (2022). Tingkat Peramalan Penjualan Produk Bordir dan Sulaman Menggunakan Metode Trend Moment. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 34-38. doi : https://doi.org/10.37034/infeb.v4i2.122.
Safitri, A. N., & Sianturi, F. A. (2020). Analisa Metode Trend Moment Untuk Peramalan Penjualan Stok Barang Pada Toko Sun Oleh-Oleh. Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi (JIKOMSI), 3(1.1), 91-102.
Sutrisman, S., Syafwan, H., & Rohminatin, R. (2022). Implementation of Trend Moment Method in Forecasting Regional Income. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 4(2), 749-758. doi: 10.47065/bits.v4i2.2090.
Wardhani, N. I. K., Hartami, I., & Puspitasari, W. D. (2022). Sistem Forecasting Penjualan Beras Dengan Menerapkan Metode Trend Moment. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 6(2), 901-907
Yuma, F. M. (2022). Trend Moment Method in Predicting The Number Of Sales Of Matic Motorcycles. JURTEKSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi), 8(3), 369-374.doi: 10.33330/jurteksi.v8i3.1780.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Atika Fauziyyah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal ini dilisensikan berdasarkan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama.
Karya tersebut dapat dibagikan dan diadaptasi, bahkan untuk tujuan komersial, selama penghargaan yang sesuai diberikan dan setiap kreasi baru dilisensikan dengan ketentuan yang sama.