IMPLEMENTASI QUESTION ANSWERING SYSTEM TAFSIR AL-AZHAR MENGGUNAKAN LANGCHAIN DAN LARGE LANGUAGE MODEL BERBASIS CHATBOT TELEGRAM

Penulis

  • Aji Bayu Permadi ,
  • Nazruddin Safaat H Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau image/svg+xml
  • Lestari Handayani ,
  • Yusra ,

DOI:

https://doi.org/10.21063/jtif.2024.V12.1.62-69

Kata Kunci:

Question Answering System, Langchain, Large Language Model , Tafsir Al-Quran , Chatbot

Abstrak

Tafsir merupakan sebuah gerbang utama bagi seorang muslim untuk mempelajari dan memahami isi kandungan dari ayat-ayat yang terdapat di dalam Al-Quran, salah satu contohnya adalah Tafsir Al-Azhar. Tafsir Al-Azhar merupakan tafsir karya Profesor Dr.Hamka yang memperlihatkan bagaimana cara Dr. Hamka menghubungkan antara sejarah islam modern dengan studi Al-Quran. Tafsir Al-Azhar mempunyai halaman yang sangat banyak,  sehingga membutuhkan kerja yang lebih ketika kita ingin mencari suatu informasi dari tafsir tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah sistem yang mampu menerima pertanyaan seputar Tafsir Al-Azhar dalam bentuk bahasa alami, serta menjawab pertanyaan tersebut dengan kata-kata yang mudah dipahami oleh pengguna. Adapun teknologi yang akan digunakan pada penelitian ini seperti Langchain dan Large Language Model, untuk pengimplementasiannya menggunakan chatbot telegram, karena telegram merupakan aplikasi yang sudah terkenal dan sudah banyak digunakan oleh banyak orang, dan juga telegram mempunyai interface yang ramah, sehingga tidak membuat pengguna kebingungan ketika menggunakannya. Sistem Question Answering ini diuji menggunakan UAT dan framework DeepEval, hasil dari pengujian UAT berupa skor akurasi sebesar 83.71%, sedangkan hasil dari pengujian menggunakan framework DeepEval, berupa skor hallucination sebesar 41 %, contextual precision sebesar 90 %, contextual recall sebesar 81 %, dan contextual relevancy 79 %.

Referensi

R. J. Sahputra and A. Muzakir, “Penerapan AI Melalui Pendekatan Heuristik Semilaritas Pada Game Edukasi Anak Usia Dini,” J. Pengemb. Sist. Inf. dan Inform., vol. 1, no. 4, pp. 209–219, 2021, doi: 10.47747/jpsii.v1i4.547.

T. Wahyudi, “Studi Kasus Pengembangan dan Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Sebagai Penunjang Kegiatan Masyarakat Indonesia,” Indones. J. Softw. Eng., vol. 9, no. 1, pp. 28–32, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijse

A. Latif, “Spektrum Historis Tafsir Al-Qur’an Di Indonesia,” TAJDID J. Ilmu Ushuluddin, vol. 18, no. 1, pp. 105–124, 2020, doi: 10.30631/tjd.v18i1.97.

O. Yulianda, “Istidraj Menurut Hamka dalam tafsir Al-Azhar,” vol. 10, p. 6, 2021.

A. Dhandapani and V. Vadivel, “Question Answering System over Semantic Web,” IEEE Access, vol. 9, pp. 46900–46910, 2021, doi: 10.1109/ACCESS.2021.3067942.

R. A. Yunmar and I. W. W. Wisesa, “Pengembangan Mobile-Based Question Answering System Mobile-Based Question Answering System Development With Ontology Based Knowledge,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 7, no. 4, pp. 693–700, 2020, doi: 10.25126/jtiik.202072255.

O. Topsakal and T. C. Akinci, “Creating Large Language Model Applications Utilizing LangChain: A Primer on Developing LLM Apps Fast,” Int. Conf. Appl. Eng. Nat. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 1050–1056, 2023, doi: 10.59287/icaens.1127.

B. D. Laraswati, “Large Language Models, Cikal Bakal Lahirnya Chat GPT.” Accessed: Nov. 08, 2023. [Online]. Available: https://blog.algorit.ma/large-language-models/

A. Hariansyah, E. Haerani, and M. Affandes, “Implementation of Telegram Chatbot as Information Service of Madani Hospital Pekanbaru,” vol. 11, no. 3, pp. 188–198, 2023.

“Telegram Messenger - Tech Stack, Apps, Patents & Trademarks.” Accessed: Feb. 09, 2024. [Online]. Available: https://www.crunchbase.com/organization/telegram-messenger/technology

Heri Khariono, Rizky Parlika, Haidar Ananta Kusuma, and Dimas Arif Setyawan, “Pemanfaatan Bot Telegram Sebagai E-Learning Ujian Berbasis File,” J. Inform. Polinema, vol. 7, no. 4, pp. 65–72, 2021, doi: 10.33795/jip.v7i4.696.

M. A. P. Subali and P. Wijaya, “Sistem Question Answering untuk Bahasa Bali menggunakan Metode Rule-Based dan String Similarity,” Techno.Com, vol. 20, no. 2, pp. 300–308, 2021, doi: 10.33633/tc.v20i2.4390.

J. A. Alzubi, R. Jain, A. Singh, P. Parwekar, and M. Gupta, “COBERT: COVID-19 Question Answering System Using BERT,” Arab. J. Sci. Eng., vol. 48, no. 8, pp. 11003–11013, 2023, doi: 10.1007/s13369-021-05810-5.

P. Pujianto, M. Mujito, D. Prabowo, and B. H. Prasetyo, “Pemilihan Warga Penerima Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) dan User Acceptance Testing (UAT),” J. Inform. Univ. Pamulang, vol. 5, no. 3, p. 379, 2020, doi: 10.32493/informatika.v5i3.6671.

“DeepEval - The Open-Source LLM Evaluation Framework.” Accessed: Mar. 12, 2024. [Online]. Available: https://docs.confident-ai.com/

“Text Splitters | Langchain.” Accessed: Feb. 26, 2024. [Online]. Available: https://python.langchain.com/docs/modules/data_connection/document_transformers/

K. Pandya and B. V. Mahavidyalaya, “Automating Customer Service using LangChain,” Comput. Lang. (cs.CL); Comput. Soc. (cs.CY); Mach. Learn., vol. 1, pp. 28–31, 2023, [Online]. Available: https://arxiv.org/abs/2310.05421

M. Douze et al., “The Faiss library,” 2024, [Online]. Available: http://arxiv.org/abs/2401.08281

Graciela Fausten Novindri and P. Ocsa Nugraha Saian, “Implementasi Flask Pada Sistem Penentuan Minimal Order Untuk Tiap Item Barang Di Distribution Center Pada Pt Xyz Berbasis Website,” J. Mnemon., vol. 5, no. 2, pp. 81–85, 2022, doi: 10.36040/mnemonic.v5i2.4670.

B. P. Putra and Y. A. Susetyo, “Implementasi Api Master Store Menggunakan Flask, Rest Dan Orm Di Pt Xyz,” Sistemasi, vol. 9, no. 3, p. 543, 2020, doi: 10.32520/stmsi.v9i3.899.

M. Schwarz, K. Chapman, and B. Häussler, “Multilingual Medical Entity Recognition and Cross-lingual Zero-Shot Linking with Facebook AI Similarity Search,” CEUR Workshop Proc., vol. 3202, 2022.

Diterbitkan

2024-04-29

Cara Mengutip

[1]
“IMPLEMENTASI QUESTION ANSWERING SYSTEM TAFSIR AL-AZHAR MENGGUNAKAN LANGCHAIN DAN LARGE LANGUAGE MODEL BERBASIS CHATBOT TELEGRAM”, Jurnal Teknoif Teknik Informatika Institut Teknologi Padang, vol. 12, no. 1, hlm. 62–69, Apr 2024, doi: 10.21063/jtif.2024.V12.1.62-69.