INOVASI E-COMMERCE UNTUK OPTIMALISASI PROSES KONSUMEN, PRODUKSI, DAN PEMASARAN BAGI PELAKU UMKM

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.21063/jtif.2024.V12.2.120-130

Kata Kunci:

E-commerce, Business Optimization, Consumer Management, Production Efficiency, Digital Marketing

Abstrak

Teknologi e-commerce memungkinkan transaksi online yang efisien, memberikan konsumen pengalaman pembelian yang nyaman dan efisien. Dalam hal produksi, sistem informasi e-commerce dapat diintegrasikan dengan manajemen produksi, memungkinkan pemantauan proses produksi sehingga mengoptimalkan efisiensi produksi dan mengurangi risiko kekurangan stok. Teknologi e-commerce juga membuka peluang strategi pemasaran yang lebih canggih, karena pelaku UMKM dapat memanfaatkan analisis data konsumen, meningkatkan daya tarik konsumen dan pemesanan serta penjualan. Teknologi e-commerce memfasilitasi interaksi langsung antara konsumen, membina hubungan yang lebih dekat dan meningkatkan pengalaman konsumen. Perkembangan teknologi e-commerce secara signifikan meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelaku UMKM khusus di sektor ayam goreng, memungkinkan untuk bersaing di era bisnis digital. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sistem informasi E-Commerce di sentra industri ayam goreng “Maju Makmur” Kalasan yang mengelola pelaku UMKM ayam goreng.  Metode penelitian ini adalah model prototype. Model ini dimulai dari pengumpulan data, desain sistem dan pengujian. Tahapan model pengembangan prototyping terdiri atas: komunikasi, perencanaan cepat, pemodelan cepat, kontruksi, dan penyerahan. Hasil penelitian ini adalah sebuah sistem berbasis web untuk mengoptimalkan proses konsumen, produksi, dan pemasaran agar terjadi peningkatan efisiensi operasional dan akses pasar melalui platform online.

Referensi

Apprilisda Ranica Putri, Devi Maria Saadah, Iis Nurkamillah, Silven Yonathan, Sucya Sri Yuliana, and Ricky Firmansyah, “Peran E-commerce Sebagai Media Komunikasi Bisnis Dalam Peningkatan Penjualan UMKM Salaut Di Universitas Teknologi Digital,” jkpu-nalanda, vol. 1, no. 3, pp. 01–16, May 2023, doi: 10.47861/jkpu-nalanda.v1i3.181.

D. Sudiantini, L. Adelia, L. Prastiwi, L. Br Kembaren, and M. Dwi Saiful Qhozi, “Manajemen Pemasaran Kewirausahaan Melalui E-Commerce Untuk Meningkatkan Sebuah Kinerja UMKM,” SINOMIKA, vol. 1, no. 6, pp. 1641–1650, Mar. 2023, doi: 10.54443/sinomika.v1i6.902.

A. Y. Aremu and S. Arfan, “Factors Influencing the Usage of E-Business to Improve SME Performance:,” International Journal of E-Business Research, vol. 19, no. 1, pp. 1–16, Jun. 2023, doi: 10.4018/IJEBR.324065.

P. Stuchlý, K. Hennyeyová, E. Janšto, E. Šilerová, and J. Vaněk, “Marketing Management of Electronic Commerce in the Process of Current Marketing Management,” AOL, vol. 15, no. 2, pp. 105–103, Jun. 2023, doi: 10.7160/aol.2023.150209.

I. Siagian, D. Ruslan, and T. Yuliaty, “Analysis of Factors Affecting the Income of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in the Culinary Sector in Tebing Tinggi City,” small and medium enterprises, vol. 10, no. 7, 2023.

D. Triyani, E. Mulyantomo, and Rr. P. P. N. S. Surjanti, “Strengthening Entrepreneurship Characteristics in the Effort of Increasing MSMe Performance Through Management Ability and Entrepreneurship Competence,” JIMK, vol. 11, no. 1, pp. 143–154, Jun. 2023, doi: 10.56457/jimk.v11i1.333.

Y. W. Suwandi and I. Komariyah, “Study of Employment Characteristics and Entrepreneur Competency as Effort to Increase SMEs Performance,” IJABIM, vol. 8, no. 1, pp. 128–139, Apr. 2023, doi: 10.32535/ijabim.v8i1.1991.

Y. Zhang, N. Gao, and C. Ma, “Learning to Select Prototypical Parts for Interpretable Sequential Data Modeling,” AAAI, vol. 37, no. 5, pp. 6612–6620, Jun. 2023, doi: 10.1609/aaai.v37i5.25812.

M. Giraldo Retuerto and L. Andrade Arenas, “Prototype of a mobile application for teaching the first grade letter course.,” Adv. Mobile Learn. Educ. Res., vol. 3, no. 2, pp. 763–769, Jul. 2023, doi: 10.25082/AMLER.2023.02.003.

A. J. P. Bagaskara and D. Permatasari, “Perancangan Model Prototype Sistem Informasi Pengelolaan Barang Bukti Pada Divisi PB3R Di Kejaksaan Negeri Kota Bekasi,” J. n.a Infotama, vol. 19, no. 1, pp. 168–172, Apr. 2023, doi: 10.37676/jmi.v19i1.3578.

School of Business Management, Institut Teknologi Bandung, S. P. Ramadani, I. R. Mirzanti, School of Business Management, Institut Teknologi Bandung, R. S. Sjarif, and School of Business Management, Institut Teknologi Bandung, “Proposed Marketing Strategy to Increase Sales (Study Case: Ouromatica Fragrance),” ijcsrr, vol. 06, no. 07, Jul. 2023, doi: 10.47191/ijcsrr/V6-i7-25.

H. Cinthya, “Proposed Business Growth Strategy for an Advertising Production Company That Penetrates the Small and Medium-Sized Business Market in Jakarta: A Business Case, Rentjana,” JBMS, vol. 5, no. 4, pp. 52–71, Jul. 2023, doi: 10.32996/jbms.2023.5.4.6.

U. N. Dalimunthe, A. P. Nasution, and J. Lubis, “HUBUNGAN STRATEGI BISNIS FASTFOOD MELALUI DIRECT MARKETING STUDI KASUS CALIFORNIA FRIED CHICKEN SUZUYA MALL RANTAUPRAPAT,” ECOBISMA, vol. 10, no. 2, pp. 22–36, Jun. 2023, doi: 10.36987/ecobi.v10i2.4117.

Cindy Clarissa Quenby and Maharani Ikaningtyas, “Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada UMKM Pakan Super Klasik,” jpkm, vol. 2, no. 2, pp. 90–96, Jun. 2023, doi: 10.55606/jpkm.v2i2.153.

Frans Sudirjo, Arief Yanto Rukmana, Hilarius Wandan, and Muhammad Lukman Hakim, “Pengaruh Kapabilitas Pemasaran, Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM Di Jawa Barat,” BISNISMAN, vol. 5, no. 1, pp. 55–69, May 2023, doi: 10.52005/bisnisman.v5i1.134.

S. Hartono, R. Budiarsih, and G. Dwinoor Rembulan, “OPTIMALISASI PEMANFAATAN PLATFORM DIGITAL DALAM UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK UMKM (STUDI KASUS DESA CIBOGO),” entrepreneur, vol. 4, no. 2, pp. 50–65, May 2023, doi: 10.31949/entrepreneur.v4i2.4410.

R. Riawan, W. Widhianingrum, and E. Santoso, “Kelincahan strategi sebagai mediasi dalam peningkatan kinerja UMKM yang dipengaruhi oleh teknologi digital,” JMBK, vol. 7, no. 3, pp. 697–710, May 2023, doi: 10.24912/jmbk.v7i3.23242.

Diterbitkan

2024-10-30

Cara Mengutip

[1]
“INOVASI E-COMMERCE UNTUK OPTIMALISASI PROSES KONSUMEN, PRODUKSI, DAN PEMASARAN BAGI PELAKU UMKM ”, Jurnal Teknoif Teknik Informatika Institut Teknologi Padang, vol. 12, no. 2, hlm. 120–130, Okt 2024, doi: 10.21063/jtif.2024.V12.2.120-130.