MENGUKUR KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI COMPUTER BASED TESTING (CBT)
DOI:
https://doi.org/10.21063/jtif.2015.V3.2.80-90Kata Kunci:
Bahasa Inggris, Sekolah Menengah Atas, Aplikasi, English, Senior High School, ApplicationsAbstrak
Bahasa inggris merupakan bahasa yang universal yang selalu digunakan hampir diseluruh negara didunia bahkan bahasa inggris sudah menjadi bahasa kedua dari setiap negara didunia serta dijadikan sebagai bahasa pergaulan bagi orang – orang baik dalam bidang bisnis maupun dalam kehidupan sehari – hari. Karena bahasa penting dalam pergaulan dengan bangsa lain maka pemerintah dalam program wajib belajar dua belas tahun memasukkan bahasa inggris kedalam kurikulum mata pelajaran yang diajarkan disetiap sekolah mulai dari sekolah dasar sampai sekolah menengah atas. Bahkan bahasa inggris merupakan mata pelajaran wajib yang diujikan dalam ujian nasional.
Tapi pada kenyataannya banyak siswa sekolah menengah atas yang belum bisa menguasai bahasa inggris secara baik dan benar dikarenakan pola pikir siswa yang menganggap pelajaran bahasa inggris momok yang menakutkan dan sulit dipahami. Maka dihasilkan aplikasi untuk mengukur kemampuan bahasa inggris siswa sekolah menengah atas sehingga guru bisa mengambil langkah – langkah untuk mengatasinya.
English is the universal language that is always used in nearly all countries in the world and even the English language has become the second language of every country in the world and serve as a lingua franca for people - good people in the field of business and in daily life - today. Because the language is important in relationships with other nations, the government in compulsory education for twelve years to enter the English language into the curriculum subjects taught in every school from elementary school to high school. Even English is a compulsory subject tested in the national examination.
But in fact many high school students who have not been able to master English well and properly because of the mindset of students who consider English lesson frightening specter and elusive. Then the resulting application to measure the English language proficiency of high school students so that teachers can take steps - steps to overcome
Referensi
Bobby Melky Tulangow (2011). “Sistem Ujian Berbasis Web” Jurnal Teknologi dan Informatika (Teknomatika), Vol 1, No 1.
Gadung Triono (2011). “Pertimbangan Melakukan Denormalisasi Pada Model Basis Data Relasi”. Jurnal TELEMATIKA MKOM, Vol. 3 No. 2 September 2011 ISSN 2085-725X.
Hartono, Jogyanto, 2004, ”Pengenalan Komputer”, Andi Offset, Yogyakarta.
Ivan Arifard Watung, dkk (2014). “Perancangan Sistem Informasi Data Alumni Fakultas Teknik Unsrat Berbasis Web”. E-Journal Teknik Elektro dan Komputer Unsrat, ISSN 2301-8401.
Susy Kusuma Wardani (2013). “Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai Siswa Berbasis Web Pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PGRI 1 Pacitan”. Indonesia Journal on Networking and Security, Vol 2, No 4.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Jurnal ini dilisensikan berdasarkan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama.
Karya tersebut dapat dibagikan dan diadaptasi, bahkan untuk tujuan komersial, selama penghargaan yang sesuai diberikan dan setiap kreasi baru dilisensikan dengan ketentuan yang sama.