IMPLEMENTASI TOOL WEKA DALAM CLUSTERISASI TINGKAT KEPATUHAN PENGGUNAAN ATRIBUT SEKOLAH

Penulis

  • Muhammad Tafsir Fakultas Ilmu Kommputer , Fakultas Ilmu Kommputer
  • Noliza Safitri , Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

DOI:

https://doi.org/10.21063/jtif.2023.V11.1.24-29

Kata Kunci:

WEKA, Kepatuhan, Atribut, Sekolah

Abstrak

Pendidikan merupakan sesuatu hal yang penting dalam kehidupan yang dimana bertujuan untuk dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Pendidikan bukanlah hanya bersifat informal saja, akan tetapi ada yang bersifat formal seperti dalam sekolah. Sekolah adalah rumah belajar bagi siswa. Sekolah memiliki peran yang sangat penting dan tanggung jawab yang cukup besar dimana sekolah harus membuat siswa aman dan nyaman serta melatih seluruh siswa dalam hal kedisiplinan salah satunya yaitu penggunaan atribut sekolah. Semua komponen yang terkait dengan sekolah maka harus mematuhi segala peraturan yang telah ada. Tidak lah hanya siswa, baik guru, kepala sekolah maupun karyawan atau secara keseluruhan. Atribut adalah sebuah komponen yang harus dikenakan atau dipakai oleh siswa. Karena dengan menggunakan atribut maka akan menampilkan dan memberikan kepedulian dan keindahan serta kedisiplinan seorang siswa dalam menimba pengetahuan disekolah. Atribut juga merupakan salah satu tanda pengenal sekolah atau tempat siswa belajar. Penelitian ini berfokus pada penggunaan atribut yang seharusnya dan wajib digunakan oleh seluruh siswa pada setiap hari Rabu dengan baju batik. Adapun algoritma yang digunakan ialah K-Means dan pengolahan data menggunakan tool WEKA. Data yang diolah pada penelitian ini ialah sebanyak 61 data berdasarkan data pada hari Rabu 15 Februari 2023. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menghasilkan berdasarkan kelas yang paling banyak tidak ada atribut dan atribut tidak lengkap

Diterbitkan

2023-05-25

Cara Mengutip

[1]
“IMPLEMENTASI TOOL WEKA DALAM CLUSTERISASI TINGKAT KEPATUHAN PENGGUNAAN ATRIBUT SEKOLAH”, Jurnal Teknoif Teknik Informatika Institut Teknologi Padang, vol. 11, no. 1, hlm. 24–29, Mei 2023, doi: 10.21063/jtif.2023.V11.1.24-29.