PERANCANGAN APLIKASI BANTU UNTUK GURU BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS WEB (Studi Kasus SMA N18 Siak)

https://doi.org/10.21063/jtif.2020.V8.1.14-18

Authors

Keywords:

Design, Application, Guidance and Counseling, Problem of Student, Web, PHP, MySql, Perancangan, Aplikasi, Bimbingan dan Konseling, Permasalahan Siswa

Abstract

Bimbingan dan Konseling (BK) di sekolah memiliki peranan penting dalam penanganan masalahmasalah peserta didik/siswa. Pelaksanaan tugas bimbingan dan konseling oleh guru memiliki aturanaturan yang dibuat dalam daftar pelanggaran akumulasi siswa dan menyimpan catatan masalah siswa menggunakan buku besar. Dengan begitu banyak siswa dan pelanggaran yang dilakukan, juga memungkinkan poin pelanggaran tidak tercatat dengan benar dan benar, disisi lainnya pemakaian sistem informasi berbantuan komputer sudah semakin banyak digunakan dalam membantu mencatat dan mengarsipkan berbagai kegiatan yang sifatnya berulang-ulang.

Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi bantu yang dapat digunakan oleh guru dalam membantu pengarsipan dan pencatatan proses konseling data yang berkaitan dengan masalah siswa dan pelanggaran perhitungan siswa.

Aplikasi ini dibangun dengan metode pengumpulan data kesiswaan, data peraturan dan disiplin berikut pembobotan nilai dari tingkat pelanggaran dan permasalahan, selanjutnya data tersebut di normaslisasi untuk mendapatkan bentuk dan rancangan basisdata yang akan dibangun, selanjutnya dibangun aplikasi berbasis web dengan server side programmingnya adalah PHP.

Hasil akhir dari rancangan ini adalah adanya sebuah aplikasi yang akan membantu guru dalam memproses data dan melakukan perhitungan dengan pelanggaran data cepat sehingga siswa akan dapat memfasilitasi bimbingan dan konseling guru dalam mengambil tindakan terhadap masalah atau pelanggaran siswa.

 

Guidance and Counseling (BK) in schools has an important role in handling student / student problems. The implementation of guidance and counseling tasks by the teacher has rules made in the list of student accumulation violations and keeps a record of student problems using a ledger. With so many students and violations committed, it is also possible that violation points are not recorded correctly and correctly, on the other hand the use of computer-aided information systems has been increasingly used in helping to record and archive various activities that are repetitive.

This study aims to design assistive applications that can be used by teachers to assist in the archiving and recording of data counseling processes related to student problems and student calculation violations.

This application was built with the method of collecting student data, regulatory and disciplinary data along with weighting the value of the level of violations and problems, then the data is normalized to get the form and database design to be built, then built a web-based application with server side programming is PHP. 

The final result of this design is the existence of an application that will assist teachers in processing data and doing calculations with data breaches quickly so that students will be able to facilitate teacher's guidance and counseling in taking action on students' problems or violations.

References

Wikipedia. “Bimbingan dan Konseling (BK)”. Internet: https://id.wikipedia.org/wiki/Bimbingan_dan_Konseling_(BK) [Apr. 20,2020]

Akhmad Sudrajat, “Salinan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.” Internet: https://akhmadsudrajat.files.wordpress.com

/2014/11/permendikbud-no-111-tahun2014-tentang-bimbingan-dan-konseling.pdf [Apr.20, 2020]

Rojaq, Abdul, dkk. “Rancangan Model Sistem Informasi Bimbingan Konseling Berbasis IPLP-Q Bagi Siswa SMA”, POSITIF - Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, Vol.3 No.2 Internet: http://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/Positif/article/view/413 [Apr. 20, 2020]

Published

2020-04-30

How to Cite

[1]
Busran and Kartika, “PERANCANGAN APLIKASI BANTU UNTUK GURU BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS WEB (Studi Kasus SMA N18 Siak) ”, JTIF, vol. 8, no. 1, pp. 14–18, Apr. 2020.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>